Thursday, April 19, 2012

Sistem Informasi Manajemen : Implikasi pada dunia sehari-hari

Sistem Informasi Manajemen : Implikasi pada dunia sehari-hari


Kita sering mendengar pembicaraan atau diskusi-diskusi orang dewasa, terutama dari kalangan intelektual, bisnis, maupun politikus yang mengungkapkan bahwa perubahan-perubahan yang sangat cepat terjadi pada abad ini. Hal ini terutama disebabkan oleh arus informasi yang membanjiri kita dan sulit untuk dibendung. Dengan semangat perubahan, sebagaian dari mereka mengatakan bahwa dengan perkembangan teknologi serta manajemen informasi saat in, maka ruang dan waktu tidak lagi menjadi hambatan yang berarti.

Selanjutnya, masih dari kalngan yang sama mencoba meyakinkan bahwa “Siapa yang menguasai informasi dan manajemen maka ialah yang akan menguasai dunia”. Dengan kata lain, menurut saya yang ingin dan mau untuk menguasai dunia, maka kuasailah informasi dan manajemen.

Menurut pandangan saya, ungkapan di atas sebenarnya lebih menunjukkan pada pentingnya informasi dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam dunia pendidikanl, dunia usaha, dunia politik maupun dalam aspek kehidupan lainnya, karena informasi dan manajemen yang tepat mampu memperkecil ketidakpastian dalam pengambilan keputusan untuk bertindak atau sebaliknya  hanya diam.

Demikian pentingnya “informasi dan manajemen” ini hingga hamper setiap oramg, bahkan bagi organisasi, baik bisnis, kemanusaian, politik, maupun organisasi pemerintahan, disadari atau tidak setiap harinya mereka berupaya untuk mendapatkan hal tersebut.

Kini ”informasi dan manajemen” menjadi suatu alas an utama bagi tumbuh dan berkembangnya pengetahuan tentang Sistem Informasi Manajemen, terutama di “Negara maju” dimana hal tersebut sudah menjadi sarana yg cukup efektif  untuk mengatasi baerbagai macam problem.

Lalu bagaimana di Negara Indonesia yang telah dipetakan sebagai nega berkembang atau Negara dunia ketiga ??

Yang jelas menurut opini saya, tanpa memahami system informasi manajemen, mustahil bagi bangsa ini untuk terus maju dan bertahan dalam menghadapi buasnya persaingan global.

Wrote for fulfilled my MIS assignment
Muhammad Nasrullah - C1L010016

No comments:

Post a Comment