Friday, April 5, 2013

6 GOLONGAN WANITA YANG KURANG LAYAK DI JADIKAN SEORANG ISTRI

Wanita merupakan makhluk yang diciptakan oleh Tuhan untuk menjadi pasangan bagi kaum Adam. Namun dalam memilih sebuah pasangan, itu merupakan hal yang tidak mudah. Bamyak kriteria yang harus diperhatikan. Namun Al-Quran telah menjelaskan beberapa kriteria wanita yang harus dihindari untuk dijadikan istri :

1. Al -Anaanah
Banyak berkeluh kesah. Yang selalu merasa tak cukup, apa yang diberi semua tak cukup. Diberi rumah tak cukup, diberi motor tak cukup, diberi mobil tak cukup, dll. Selalu ingin memenuhi kehendak nafsu sendiri, tanpa memperhatikan perasaan suami. Tak hormat kepada suami, apalagi berterima kasih pada suami. Segala sesuatu yang suami beri pun tak pernah puas. Ada saja yang tak cukup.

2. Al-Manaanah
Suka mengungkit. Jika suami melakukan hal yg dia tak berkenan, maka diungkitlah segala hal tentang suaminya itu. Sangat senang membicarakan suami, tak ingat budi, tak bertanggung jawab, tak sayang, dll. Padahal suami sudah memberi perlindungan dan segala macam padanya.

3. Al -Hunaana
Menginginkan sosok suami yang lain. Sangat suka membanding-bandingkan suaminya dengan suami/lelaki lain. Tak ridha dengan suami yang sudah dimilikinya. (Naudzubillah)

4. Al- Hudaaqah
Suka memaksa. Bila ingin sesuatu maka dipaksa suaminya melakukan. Pagi, petang malam asik menekan dan memaksa suami. Adakalanya dengan berbagai ancaman: ingin lari, ingin bunuh diri, ingin membuat malu suami, dll. Suami dibuat seperti budaknya, bukan sebagai pemimpinnya. Yang dipentingkan adalah kehendak dan kepentingan dia saja.

5. Al-Hulaaqa
Sibuk bersolek atau tidur atau santai-santai dll Hingga lalai dengan ibadah-ibadah asas, seperti shalat berjamaah, wirid zikir, mengurus rumah-tangga, berkasih sayang dengan anak-anak, dll.

6. As-Salaaqah
Banyak berbicara, menggosip. Siang malam, pagi petang asik menggosi. Segala sesuatu yg suami kerjakan selalu tidak benar dimatanya. Zaman sekarang bergosip bukan saja berbicara di depan suami, tapi dengan telfon, SMS, internet (facebook), BBM dan macam-macam cara yang lain.


Demikianlah yang harus kita perhatikan dari 6 golongan wanita yang kurang layak dijadikan Istri menurut Al-Quran

Semoga bermanfaat bagi saudaraku untuk kaum adam, maupun kaum hawa semoga bisa dijadikan catatan dalam hati kita.



No comments:

Post a Comment